Selain Pandemi Corona, Sepak Bola Juga Pernah Lumpuh Karena Peristiwa Ini

News

Pandemi Corona nyatanya bukan satu-satunya peristiwa yang membuat sepak bola khususnya di Italia berhenti total. Sebelumnya ada dua peristiwa besar yang mengharuskan kompetisi berhenti digelar.

Penyebaran Corona yang kian meluas di Eropa memaksa kompetisi-kompetisi di sana ditunda. Italia menjadi negara pertama yang memutuskan menunda Serie A dan semua kasta sepak bola di sana setelah penyebaran virus yang kian menggila.

Setelah beberapa kompetisi di Eropa juga diliburkan termasuk Premier League, La Liga, Bundesliga dan Ligue 1. Liga Champions dan Euro 2020 juga mengalami penundaan dengan batas waktu yang belum pasti.

Lumpuhnya sepak bola Eropa nyatanya bukan pertama kali ini terjadi. Dikutip dari Goal Internasional, sebelumnya ada dua peristiwa yang juga menyebabkan kompetisi sepak bola di Eropa harus ditunda.

Perang Dunia pertama yang terjadi pada tahun 1914 tak terlalu menyita perhatian pecinta sepak bola. Hal ini karena gelaran kompetisi belum terlalu semarak. 

Perang Dunia yang terjadi memaksa beberapa negara besar seperti Inggris, Prancis, Italia, dan Jerman harus dihentikan untuk sementara. Lalu bagaimana dengan Spanyol? La Liga tak merasakan dampak karena baru bergulir pada 1929.

Dalam peristiwa tersebut, Inggris turut serta menyertakan para pemain sepak bola di sana untuk menjadi prajurit perang. Bahkan mereka menyediakan ‘Football Batalion‘ yang dipimpin oleh mantan penggawa Birmingham City, Frank Buckley.

Setelah perang dinyatakan selesai, kompetisi sepak bola dari berbagai belahan negara dimulai lagi tepatnya pada musim 1919/1920.

Untuk Perang Dunia kali kedua ini, lebih banyak negara yang terdampak. Tak sampai di Asia, pengaruh peristiwa ini hanya berada di Eropa.

Di Inggris sendiri semua liga dihentikan di tengah jalan pada musim 1939/40 dan tidak berlangsung kembali sampai 1946/47. Seperti perang sebelumnya, banyak pemain yang ikut perang dan secara tragis meninggal dunia.

Liga di Prancis juga mengalami pemberhentian hingga digelar lagi pada musim 1945/46. Bahkan dua edisi Piala Dunia terpaksa harus dibatalkan yakni masing-masing tahun 1942 dan 1946.

Menariknya, Divisi Utama Spanyol tetap berlangsung di tengah-tengah perang itu meskipun sempat terhenti akibat Civil War (1936-1939). Sementara Serie A Italia hanya berhenti pada musim 1944/45 saja.

Summary
Review Date
Reviewed Item
News
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *